Workshop Penulisan Naskah Jurnal Internasional

Bagi profesi dosen dan mahasiswa pasca sarjana, keterampilan menulis artikel untuk diterbitkan pada jurnal internasional merupakan satu hal yang harus dilakukan sesuai Permenristek Dikti Nomor 20 Tahun 2017 dan Surat Edaran Dirjen Dikti No 152/2012. Namun demikian, fakta di lapangan menunjukkan bahwa bagi sebagian besar dosen, menulis artikel untuk diterbitkan pada jurnal terasa tidak mudah. Persoalannya tidak hanya terletak pada bagaimana melakukan penelitian dengan baik, tetapi juga pada bagaimana mengemas hasil penelitian itu menjadi sebuah tulisan yang memenuhi logika dan kaida-kaidah berpikir serta tata tertib sebuah artikel pada jurnal internasional. Untuk mengatasi persoalan itu, Universita Lambung Mangkurat akan menyelenggarakan “Workshop Penulisan Jurnal Internasional (scientific writing)”. Untuk mengimplementasikan Visi Universitas Lambung Mangkurat (ULM), yaitu Unggul dan Berdaya Saing dalam Bidang Lingkungan Lahan Basah, maka tema workshop kali ini adalah “unggul dan berdaya saing dalam penulisan naskah lingkungan lahan basah”.

Kegiatan ini diharapkan dapat menguatkan kompetensi sivitas akademika ULM dalam menghasilkan artikel bidang lingkungan lahan basah sebagai bentuk pembangunan mutu mahasiswa pasca sarjana dan pemenuhan kewajiban para dosen terhadap publikasi internasional. Kemenristekdikti melakukan pemeringkatan Perguruan Tinggi berdasar jumlah riset, publikasi internasional dan jumlah sitasi yang memerlukan perangkat komunikasi akademik (Scolarly Academic Tools). Dari kegiatan ini diharapkan para dosen dan mahasiswa pascasarjana difasilitasi untuk menerbitkan naskah di JWEM dan jurnal internasional lainnya yang kemudian digunakan untuk meningkatkan peringkat ULM.

Dosen, mahasiswa pasca sarjana dan lainnya melakukan registrasi secara online dan mengirimkan naskah ke laman Registrasi dan Pengiriman Naskah baik dalam Bahasa Inggris maupun Bahasa Indonesia. Pendaftaran dapat juga dilakukan dengan mengisi formulir terlampir dan mengirimkan naskahnya ke email ppjp.ulm@gmail.com. Sebelum pelaksanaan workshop, panitia akan meneruskan naskah yang masuk ke Tim Klinik untuk ditelaah dan diarahkan. Naskah yang telah ditelaah, dibawa ke workshop untuk didiskusikan dan diperbaiki. Naskah yang sudah diperbaiki akan difasilitasi untuk terbit di JWEM atau jurnal internasional lainnya.

Selanjutnya, Klik disini

DepanBelakang
Berikut ini Form Registrasi Peserta dan Naskah bisa dikirim via email ppjp.ulm@gmail.com

Spread the word. Share this post!

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *