WORKSHOP APLIKASI ANTI PLAGIARISM

Workshop Aplikasi Anti Plagiarism Pada Tugas Akhir Mahasiswa dan Buku Karya Dosen

Universitas Lambung Mangkurat (ULM) bertekad mewujudkan visi bersama yaitu “ Terwujudnya ULM menjadi universitas terkemuka dan berdaya saing tinggi tahun 2025”, dengan Indikator Kinerja Utama (IKU) atau tonggak capaian (milestones) terakreditasi A pada tahun 2017 .

Perkembangan ilmu pengetahuan sangat cepat, salah satunya ditandai dengan jumlah publikasi yang meningkat tajam. Sangat penting untuk meningkatkan produktivitas publikasi bagi dosen dan mahasiswa dengan meningkatkan kemampuan menulis buku yang digemari pembaca d. Hal ini dapat dilakukan melalui latihan menulis buku maupun naskah ilmiah populer dan atau jurnal.

Tingginya perkembangan ilmu pengetahuan haruslah diiringi dengan adanya penerbit yang mewadahi hasil dari penelitian dan tulisan. Hal ini penting bagi para ilmuan, akademisi, mahasiswa, maupun sumber daya manusia yang memiliki potensi. Penerbit perguruan tinggi dapat menjadi gambaran awal yang menunjukkan tingkat produktivitas sebuah perguruan tinggi. Ini menjadi penting dan harus menjadi perhatian untuk peningkatan kualitas perguruan tinggi ditengah tingginya kebutuhan akan ilmu pengetahuan.

Rencana Strategis (RENSTRA) 2015-2019 Misi 2 Tujuan 5 Sasaran 6 yang menyebutkan bahwa “Memfasilitasi dosen dalam menerbitkan karya ilmiah” adalah sebuah kewajiban, ini selanjutnya mendukung terhadap visi daya saing itu sendiri. Selanjutnya, dosen dalam konteks penerbitan karya ilmiah harus dikuatkan dengan kegiatan pelatihan dan workshop untuk melakukan sosialisasi dan menggerakkan para dosen dalam semangat dalam menulis buku dan karya ilmiah.

Disisi lain tindakan plagiarisme terhadap penulisan karya ilmiah dan buku menjadi momok tersendiri bagi dosen dan civitas akademik. Karena hal tersebut dapat mencoreng nama institusi dan bahkan menjadi bumerang terhadap karir dosen dan civitas akademik. Sehingga diperlukan kegiatan pelatihan bagi dosen dan civitas akademik untuk tidak terjatuh kepada tindakan plagiarisme tersebut dan tetap menjaga originalitas hasil karya ilmiahnya.

Pada akhirnya kemampuan citra suatu bangsa, dan kontribusi bagi pengembangan keilmuan dapat terlihat dengan jelas dari hasil tulisan yang dibuatnya. Penyebaran virus untuk rajin menulis (budaya menulis) dan originalitas karya ilmiah tersebut dapat ditularkan salah satunya melalui kegiatan workshop aplikasi antiplagiarism terhadap tugas akhir mahasiswa dan buku karya dosen. Oleh karenanya PPJP (Pusat Pengelolaan Jurnal dan Penerbitan) Universitas Lambung Mangkurat menyelenggarakan acara “Workshop Aplikasi Anti Plagiarism Pada Tugas Akhir Mahasiswa dan Buku Karya Dosen” yang berlanglung di hotel Q-Grand Daffam Syariah Banjarbaru pada tanggal 19 – 20 November 2016. Acara ini dihadiri lebih dari 100 peserta meliputi pengelola jurnal, penulis buku dan majelis etik Universitas Lambung Mangkurat dan dihadiri oleh Rektor Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc.

Berikut ini adalah beberapa foto dokumentasi acara:

whatsapp-image-2016-11-19-at-1-42-53-pm whatsapp-image-2016-11-19-at-1-50-08-pmwhatsapp-image-2016-11-19-at-1-45-01-pm
whatsapp-image-2016-11-19-at-2-06-04-pm
whatsapp-image-2016-11-19-at-2-14-47-pm whatsapp-image-2016-11-19-at-3-16-41-pm

Spread the word. Share this post!

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *