Seminar dan Lokakarya Nasional

Leaflet Gabungan_001

Perkembangan ilmu pengetahuan sangat cepat, salah satunya ditandai dengan jumlah publikasi yang meningkat tajam. Sangat penting untuk meningkatkan produktivitas publikasi bagi dosen dan mahasiswa dengan meningkatkan kemampuan menulis buku yang digemari pembaca dan naskah seminar atau jurnal. Hal ini dapat dilakukan melalui latihan menulis naskah ilmiah populer, naskah seminar dan naskah jurnal.

Tingginya perkembangan ilmu pengetahuan haruslah diiringi dengan adanya penerbit yang mewadahi hasil dari penelitian dan tulisan. Hal ini penting bagi para ilmuan, akademisi, mahasiswa, maupun sumber daya manusia yang memiliki potensi. Penerbit perguruan tinggi dapat menjadi gambaran awal yang menunjukkan tingkat produktivitas sebuah perguruan tinggi. Ini menjadi penting dan harus menjadi perhatian untuk peningkatan kualitas perguruan tinggi ditengah tingginya kebutuhan akan ilmu pengetahuan.

Asosiasi Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia (APPTI) merupakan lembaga yang bertujuan membangun jaringan penerbit kampus di tanah air. APPTI menjadi penting ditengah menjamurnya penerbit diluar kampus yang berorientasi pasar dan keuntungan atau laba. Berdasarkan hal tersebut asosiasi ini dapat menjadi kekuatan untuk melindungi kepentingan anggotanya. Asosiasi ini dapat menjadi tempat untuk penyelesaian isu terkini terkait pembajakan hak cipta, pengenaan pajak, pembuatan pedoman penerbitan, dan evaluasi. Kemudian melalui asosiasi ini juga perguruan tinggi dapat lebih siap dalam menciptakan iklim akademisi terkait penulisan buku dari artikel ilmiah, hasil penelitian, hasil observasi dan lain sebagainya.

Pada akhirnya kemampuan.citra suatu bangsa, dan kontribusi bagi pengembangan keilmuan dapat terlihat dengan jelas dari hasil tulisan yang dibuatnya. Penyebaran virus untuk rajin menulis (budaya menulis) dapat ditularkan salah satunya melalui APPTI dan melalui teknologi informasi. Hal tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan-kegiatan dan melalui perangkat sistem informasi seperti e-book, e-library, e-bookstore, dan e-modul.

Untuk mewujudkan hal tersebut maka Pusat Pengelolaan Jurnal dan Penerbitan (PPJP) Universitas Lambung Mangkurat mengadakan acara “Seminar dan Lokakarya Nasional Penulisan Buku, Pengelolaan Jurnal dan Presentasi Konferensi” tanggal 17 – 18 Juli 2016 bertempat di Hotel Montana Syari’ah Banjarbaru.

Untuk informasi pendaftaran dan biaya akomodasi klik gambar dibawah ini.

Leaflet Gabungan_002

Download Formulir dan Susunan acara Klik disini

Spread the word. Share this post!

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *